Diposting Pada: Sabtu, 30 Juli 2022
GURU MAN 1 BATANGHARI, MENJADI NARASUMBER GTK MADRASAH


GURU MAN 1 BATANGHARI, MENJADI NARASUMBER GTK MADRASAH MAN 1 Batanghari (Muara Bulian) GTK Madrasah "Berbagi" Kementerian Agama RI kembali menyelenggarakan Bincang-Bincang Via Zoom Seminar Bahasa Internasional. Menurut salah satu Koordinator Pelaksana, Trisnawati. M.Pd, Guru Bahasa Inggris MAN 9 Jakarta, GTK bahasa internasional "berbagi" rutin melaksanakan webinar seperti ini dua kali sebulan; Rabu malam dan Sabtu malam. Bincang bincang ini diikuti oleh guru guru madrasah, khususnya guru Bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Arab, Mandarin, Jepang. Pada edisi 27 Juli 2022, menghadirkan Keynote Speaker, Dr. Ainur Rofiq, M.Ag (Kasubdit Bina GTK MI/MTs) Kementerian Agama RI, dan Nara Sumber Amri Ikhsan, M.Pd guru Bahasa Inggris MAN 1 Batanghari Provinsi Jambi.

Dalam Bincanag bincang edisi ini narasumber Bapak Amri Ikhsan mengangkat tema Pragmatic in Language Teaching. Dalam paparannya, Amri Ikhsan menjelaskan bagaimana pentingnya pragmatik dalam pembelajaran. Pragmatik dalam konteks ini adalah bagaimana menggunakan bahasa untuk komunikasi. Lebih dilanjut dijelaskan, kalau guru gagal menggubnakan bahasa dalam berkomunikasi dalam kelas ada beberapa konsekwensi yang bakal timbul: 1) pembelajaran tidak berlangsung maksimal; 2) guru tidak bisa mengontrol kelas; 3) dalam pembelajaran, siswa akan kehilanmgan fokus dan tentu saja, 4) tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan tidak akan tercapai.

Dalam menjawab salah satu peserta webinar yang mempertanyakan apakah materi pragmatik diajarkan di kelas. Amri Ikhsan menjawab bahwa materi pragmatik tidak diajarkan untuk siswa dalam proses pembelajaran, tapi elemen elemen pargmatik digunalan guru dalam pembelajaran. Guru mengimplementasikan: tindak tutur, prinsip kerja sama, implikatur dan prinsip kesantunan.

Bincang bincang kali ini dimoderatori oleh Rubaida Rose, M.M, guru MA Ponpes Nurul Iman, Prov. Riau dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Kamizar. M.Pd, Guru MAN 1 Pekanbaru.

Tim Humas
MAN 1 Batanghari

 


12x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Guru MAN 1 Batang Hari, Terbitkan Buku 1406x dibaca
  2. KEPALA KANTOR KEMENAG BATANGHARI PANTAU PENYALURAN ZAKAT 310x dibaca
  3. MAN 1 BATANG HARI ADAKAN RAPAT PERSIAPAN UJIAN AKHIR SEMESTER 2 149x dibaca
  4. PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN PELAJARAN 2021/2022 486x dibaca
  5. PELANTIKAN PENGURUS OSIS, PRAMUKA DAN PIK-R 736x dibaca

Halaman ini diakses pada 06-10-2022 11:58:22 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 3.223.3.251
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved